KEPRIBADIAN KARYAWAN DAN BUDAYA ORGANISASI: FAKTOR DETERMINAN KETERIKATAN KARYAWAN (EMPLOYEE ENGAGEMENT)

Authors

  • Rian Nurjanah Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rofi Rofaida Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suryana Suryana Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.50
Keywords: Employee Personality, Organizational Culture Perception, and Employee Engagement

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil penjualan yang menurun dan tidak memenuhi target, denda keterlambatan penyelesaian proyek yang tinggi, dan kerugian yang dialami oleh PT X, salah satu perusahaan yang bergerak pada industri telekomunikasi di Jawa Barat. pada tahun 2014. Profitabilitas dan produktivitas perusahaan berkaitan dengan keterikatan karyawan (employee engagement). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepribadian karyawan, persepsi budaya organisasi menurut karyawan, dan keterikatan karyawan serta untuk mengetahui pengaruh kepribadian karyawan dan persepsi budaya organisasi terhadap keterikatan karyawan (employee engagement). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Desain penelitian ini adalah desain kausalitas. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson product moment dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian karyawan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keterikatan karyawan. Demikian dengan persepsi budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan karyawan. Kepribadian karyawan dan persepsi budaya organisasi secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap keterikatan karyawan, namun yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap keterikatan karyawan adalah kepribadian karyawan.

This research based on declining sales outcome and not achieves the target, a fine delay completion of project high, and losses PT X, one of the companies in telecommunication industry at Jawa Barat in 2014. Profitability and productivity relating to employee engagement. Research aims to describe employee personality, organizational culture perception, and employee engagement and to know the influence of employee personality and organizational culture perception on employee engagement. This research is done with descriptive and verification method. This research use causality design. Statistical analysis used in this research was pearson correlations analysis and multiple regression. This research result indicates that employee personality influential positively and significant impact on employee engagement. Organizational culture perception has positive and significant impact on employee engagement too. Employee personality and organizational culture perception simultaneously and significant impact on employee engagement, but the biggest influence to employee engagement is employee personality.


Downloads

PlumX Metrics

Published

2016-06-22

How to Cite

Nurjanah, R., Rofaida, R., & Suryana, S. (2016). KEPRIBADIAN KARYAWAN DAN BUDAYA ORGANISASI: FAKTOR DETERMINAN KETERIKATAN KARYAWAN (EMPLOYEE ENGAGEMENT). Jurnal Manajemen, 20(2), 310–324. https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.50

Issue

Section

Articles