KOMITMEN ORGANISASI, AKUNTABILITAS DAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR INSTITUSI MILITER, (Studi Empiris Di Angkatan Udara Republik Indonesia)

Authors

  • Hadi Mahmudah Universitas Islam Empat Lima
  • Supeni A. Mapuasari Universitas Presiden

DOI:

https://doi.org/10.24912/jm.v19i3.34
Keywords: organizational citizenship behavior, accountability, organization tenure, normative commitment, dan continuance commitment.

Abstract

Riset ini mengevaluasi efek dari komitmen organisasi dan akuntabilitas terhadap perilaku organisasi di organisasi militer di Indonesia. Survei disebarkan kepada Tentara Nasional Angkatan Udara Republik Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Dari seratus kuesioner yang tersebar, tingkat pengembalian 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi mempengaruhi perilaku kerja. Selain itu, akuntabilitas memediasi hubungan antara komitmen organisasi dan perilaku kerja. Riset ini terinspirasi oleh fenomena sedikitnya riset serupa di dunia kemiliteran yang terkait dengan akuntabilitas, baik di Indonesia maupun di dunia. Oleh sebab itu, riset ini diharapkan dapat memberikan kontribusi literatur yang signifikan, yaitu kontribusi yang berbasiskan bukti empiris yang terjadi di Tentara Nasional Republik Indonesia. 

This research evaluates the effect of organizational commitment and accountability towards organizational citizenship behavior in Military Institution in Indonesia. Data was collected by survey method in Indonesian Airforce located in Yogyakarta. One hundred questionaires gathered and analized with smart PLS. The result of this research shows that organizational commitment influences organization citizenship behaviour. In addition, accountability mediates the relationship of organizational commitment and organization citizenship behaviour. This research inspired by the phenomenon that there is little research on military area regarding accountability, either in Indonesia or in the world. Thus, this research will give a siginificant literature contribution based on the empirical data analyzes in Military Institution in Indonesia.


Downloads

PlumX Metrics

Published

2015-10-25

How to Cite

Mahmudah, H., & Mapuasari, S. . A. (2015). KOMITMEN ORGANISASI, AKUNTABILITAS DAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR INSTITUSI MILITER, (Studi Empiris Di Angkatan Udara Republik Indonesia). Jurnal Manajemen, 19(3), 438–448. https://doi.org/10.24912/jm.v19i3.34